Cara Merawat Mouse Gaming agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Mouse Gaming agar Tidak Cepat Rusak

Mouse merupakan aksesoris yang sangat membantu Anda dalam menggunakan komputer terlebih jika bermain game. Ada banyak sekali jenis mouse yang dapat menjadi pilihan. Anda tinggal memilih mouse gaming yang paling nyaman digunakan. Selain itu penting untuk melakukan perawatan pada mouse. Ini cara merawatnya agar tidak cepat rusak.

  1. Gunakan Alas Mouse

Cara merawat mouse dengan menggunakan alas yang aman sesuai standar. Kemudahan atau kecepatan dari pergeseran dari mouse sesuai dengan alas yang digunakannya. Anda yang bermain game tentunya akan sangat terbantu dengan adanya alas untuk mouse.

Pilihlah alas yang terbaik dengan bahannya yang halus agar mouse dapat bergerak dengan cepat. Pastikan Alas tersebut terbuat dari bahan yang tidak akan berisiko lembap saat diletakkan terlalu lama di atas meja. Bahan yang digunakan untuk mouse pastikan memiliki bagian yang datar agar lebih mudah untuk menggerakkan mouse.

  1. Jangan Terlalu Sering Mencabut

Cara merawat mouse juga disesuaikan dengan model mouse yang digunakan. Jika Anda menggunakan mouse dengan model port USB maka cara merawatnya jangan terlalu sering mencabutnya. Risiko jika Anda terlalu sering mencabutnya adalah membuat mouse menjadi mudah rusak.

Mouse akan mengalami dol yang longgar sehingga saat dicolokkan tidak terhubung lagi atau tidak terbaca di komputer. Lebih aman jika Anda menggunakan mouse wireless yang tidak perlu pusing untuk memikirkan cabut mencabut.

Selain itu jika Anda tetap menggunakan mouse dengan kabel ini perhatikan agar tidak ada bagian kabel yang terjepit atau pun terhimpit. Jika mouse ini digunakan untuk komputer yang tidak akan berpindah-pindah sebaiknya bagian kapel ditempelkan dengan aman.

  1. Jangan Keras dan Membanting

Saat Anda menggunakan mouse jangan sampai menekan tombol terlalu keras atau pun membantingnya yang dapat membuat mouse rusak. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah memilih mouse gaming dengan tingkat sensitif yang tinggi agar Anda tidak perlu menekan terlalu kuat. Anda bisa melihat tingkat sensitifnya di bagian spesifikasi produk.

  1. Bersihkan secara Berkala

Cara merawat mouse agar tidak mudah rusak adalah dengan membersihkannya secara berkala dari debu yang menempel. Jika debu tidak dibersihkan akan berisiko mengganggu kinerja cahaya sensor dari lampu LED yang ada pada mouse. Terganggunya sensor cahaya ini akan membuat pergerakan pointer mouse akan menjadi macet-macet.

Jadi lakukan pembersihan dengan menggunakan kain microfiber. Selain itu bersihkan menggunakan cutton bud. Lakukan pembersihan ini minimal dua bulan sekali atau sebaiknya setiap sebulan sekali. Anda dapat pula menggunakan cairan yang memang dibuat untuk membersihkan perlengkapan komputer atau pun laptop termasuk mouse.

  1. Jangan Terkena Carian

Apa pun jenis mouse yang Anda gunakan pastikan tidak akan terkena air. Mouse yang terkena cairan apa pun akan mempengaruhi kondisinya yang akan menyebabkan terjadinya risiko korselet. Pastikan meja yang Anda gunakan tidak bekas makan atau minum.

Lebih aman lagi untuk menggunakan alas agar terhindar dari berbagai risiko. Selain itu, pastikan juga bagian telapak tangan Anda tidak terkena cairan apa pun saat akan memegang mouse. Anda bisa melakukan upaya dengan mengelap tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan mouse.

Ini hanya beberapa dari cara merawat mouse gaming yang dapat diterapkan dengan mudah. Lakukanlah dengan rutin agar mouse memiliki kualitas yang tahan lama tanpa mengalami kerusakan. Anda bisa melakukan pembelian mouse yang berkualitas dengan berbagai jenis harga di jakmall.com. Spesifikasi produk dapat Anda lihat dengan jelas di website tersebut.

Related Post

shares