Jenis-Jenis VSAT dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Komponen Utama VSAT sebagai Penentu Kualitas Layanan

Saat ini, sudah tersedia jaringan internet kuat dan stabil yang berbasis satelit. Jaringan internet satelit atau yang dikenal dengan VSAT adalah suatu teknologi unggulan yang menjamin kelancaran komunikasi data. Anda dapat memilih satu dari beberapa jenis internet satelit berikut ini. Melalui kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa menentukan pilihan.

  1. VSAT Net

Layanan internet satelit yang terkenal dengan kekuatan dan kestabilan sinyalnya mempunyai beberapa jenis yang bisa Anda pilih. VSAT net berfungsi untuk menghubungkan antara terminal yang satu ke terminal lainnya dengan stasiun pusat bumi atau hub sebagai pengontrol komunikasi antar remote.

Jaringan ini menggunakan topologi star dengan metode akses Time Division Multiple Access (TDMA). Pemakaian sistem TDMA yang pertama dilakukan pada Januari 1985 dan mencakup wilayah Samudera Atlantik. Sejak itu, sistem TDMA cepat dikenal dan diterima banyak negara, sehingga langsung diterapkan dalam sistem komunikasi.

Cara kerja VSAT net ini yaitu memberikan sinyal Tx (transmit) yang sama ke stasiun bumi atau hub, tetapi dibedakan menurut waktu pengirimannya (time slots). Dengan demikian, pemisahan frekuensi dilakukan melalui alokasi time slot yang berbeda pada frekuensi pemancar.

Jaringan ini lebih mudah mengaplikasikan sistem transmisi digital yang lebih baik dari FDMA. Sinyal pemancar ke penerima juga sudah ditentukan, sehingga bisa dioperasikan dekat daerah saturasi dengan meminimalisir pengaruh distorsi dan intermodulasi.

Kerugiannya adalah membutuhkan sinkronisasi yang tepat. Stasiun transmisi juga harus mendapatkan ketepatan time slot. Bit dan frame waktu yang harus dikirim serta di-maintenance dengan sinkronisasi TDMA, sehingga hanyalah trafik digital yang dapat disinkronisasikan lewat TDMA.

  1. VSAT Link

Jenis jaringan internet satelit yang kedua adalah VSAT link. Jenis komunikasinya adalah langsung atau point to point. Jadi, berhubungan langsung antara dua buah stasiun bumi tanpa stasiun pusat untuk pengontrolnya. Jaringan ini menggunakan metode FDMA yaitu pemberian frekuensi berbeda pada stasiun bumi penerima yang menggunakan sumber satelit.

Jaringan ini sering disebut dengan SCPC yaitu suatu jasa komunikasi yang menyediakan kanal khusus untuk satu carrier, sehingga tidak terganggu oleh carrier lain dalam komunikasinya. Meskipun demikian, delay yang tinggi menjadi kelemahannya. VSAT link juga membutuhkan power balancing dan amplifier tambahan sebagai penghilang distorsi.

Keuntungannya adalah mampu mengaplikasikan sistem transmisi digital atau analog, tidak memerlukan kode transmisi khusus, kapasitas frekuensi sederhana, tidak memerlukan sinkronisasi waktu ataupun jaringan, dan peralatan penerimanya tergolong murah karena sederhana. Semua ini dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih layanan.

  1. VSAT Frame Relay

Jaringan yang sering disebut SkyFrame ini menggunakan topologi point to multipoint dengan media akses frame relay. Host klien terhubung dengan hub menggunakan frame relay, lalu dari hub ditembakkan ke arah satelit. Selanjutnya, satelit mengirimkan ke remote-remote tujuan. SkyFrame menggunakan DLCI untuk alamat pengiriman sinyal informasi ke tujuan.

Keuntungannya, Anda hanya membutuhkan satu carrier untuk diterima beberapa remote. Sebagai kelemahannya, setiap tujuan bergantung pada carrier yang harus selalu optimal dalam menjalankan fungsinya. Jaringan ini menggunakan frekuensi yang sama ke setiap remote, sehingga perlu menjadi pertimbangan.

  1. VSAT Teleport

Pada prinsipnya, jaringan ini sama dengan SkyFrame dengan topologi point to multipoint. Host pelanggan terhubung ke hub pusat dengan frame relay, kemudian hub ditembakkan ke satelit yang selanjutnya meneruskan data ke remote tujuan dengan frekuensi yang berbeda karena menyesuaikan kebutuhan. Itulah keunggulan VSAT teleport dibandingkan frame relay.

Itulah beberapa jenis VSAT yang bisa menyediakan sinyal internet stabil dengan jangkauan luas. Anda tak perlu khawatir mengenai komunikasi data karena jaringan internet satelit akan mempertahankan kekuatan sinyal. Saat memutuskan memasang jaringan ini, Lintasarta dapat membantu Anda sekaligus dengan layanan konsultasi. Pelayanannya memang optimal. Simak ulasan lengkapnya pada link berikut https://www.lintasarta.net/Product/IP-VSAT. Semoga ulasan dari kami di atas dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi anda.

Related Post

shares