Merawat Laptop Asus agar Bisa Awet Dipakai

Merawat Laptop Asus agar Bisa Awet Dipakai

Laptop Asus adalah merk laptop terkenal di Indonesia. Ada banyak sekali orang yang menjadi pelanggan tetap merk ini. hal itu dikarenakan berbagai macam teknologi yang disematkan di tiap produk yang dirilis ke pasaran. Para penggunanya merasa puas dengan kualitas yang ditawarkan. Biaya yang harus dikeluarkan oleh pelanggan yang ingin memiliki laptop ini juga bervariasi. Tergantung dari model dan spesifikasi yang dimiliki. Namun, tidak menutup kemungkinan seseorang mendapat harga yang murah untuk laptop dengan kualifikasi di atas rata-rata. Bagaimana pun kondisi laptop yang kamu beli, akankah lebih baik bila kamu memahami bagaimana cara merawat laptop dengan benar?

Jangan lupa shut down

Ketika laptop sedang tidak kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama, lebih baik shut down atau matikan saja. Hal ini akan membantu laptop menjadi lebih awet untuk dipakai. Ketika mematikan laptop yang tidak dipakai, kamu akan membantu komponen di dalamnya untuk tidak cepat panas sehingga ada waktu bagi laptop untuk beristirahat. Meski mudah dilakukan, tapi sayangnya hal ini masih sering disepelekan oleh banyak orang.

Perhatikan cara membawa laptop

Sering kali, kamu tidak sadar bahwa cara membawa laptop ketika bepergian juga memengaruhi awet atau tidaknya laptop yang kamu miliki. Lebih baik, pisahkan laptop dengan barang bawaanmu yang lain. Jika kamu menggabung laptop dengan barang bawaan lainnya, hal yang dikhawatirkan adalah barang-barang tersebut akan menekan layar laptop sehingga membuatnya menjadi lebih cepat rusak. Selain itu, pastikan untuk tidak menutup risleting tas laptop secara penuh. Beri sedikit ruang agar aliran udara menjadi lebih lancar. Jangan lupa untuk tidak membawa laptop dalam mode stand by. Hal ini dikhawatirkan akan membuat rusak komponen yang ada di dalam laptop.

BIOS

Seiring berjalannya waktu, kamu juga perlu memerhatikan bagaimana kondisi BIOS laptop. Dengan memakai BIOS versi terbaru, kamu tetap bisa menjaga hardware dan software agar tetap compatible. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mengunjungi website resmi pabrik laptop dan melakukan pembaruan BIOS di sana. Namun, bila kamu merasa kesulitan, lebih baik bawa ke tukang servis agar mendapat penanganan yang tepat.

Tidak asal memasang software

Ada banyak sekali software ataupun aplikasi yang bisa kamu pakai di laptop. Namun, hal itu bukan menjadi alasan agar kamu bebas menggunakan berbagai macam aplikasi. Aplikasi atau software yang tidak jelas asalnya justru akan membawa banyak kerugian. Bisa saja software tersebut justru berisi virus yang dapat mengancam keamanan data di laptop. Karena hal itu, penting bagi kamu untuk memasang software atau aplikasi yang sudah jelas asal-usulnya. Akan lebih baik bila kamu memakai software atau aplikasi resmi sehingga cukup aman untuk menggunakannya di laptopmu. Selain waspada terhadap software atau aplikasi apapun yang akan kamu gunakan, kamu juga bisa melengkapi keamanan laptop dengan memasang software anti virus. Namun, belakangan ini, sudah ada banyak sekali laptop yang dibekali oleh anti virus bawaan sehingga kamu tidak perlu repot untuk mencari anti virus yang lain.

Beberapa cara di atas semoga bisa membantumu untuk mendapat laptop yang awet atau tahan lama. Pastikan laptopmu untuk selalu bersih. Jangan sampai ada debu yang menumpuk karena bisa menyebabkan kerja laptop menjadi lebih terhambat. Pastikan pula untuk membersihkan kondisi di dalam laptop secara berkala agar tidak ada file menumpuk yang sebenarnya sudah tidak digunakan.

Related Post

shares